Random buku baru

Remaja dan Problema seks
Remaja dan Pro..
An Astronaut
An Astronaut..
Akuntansi Sektor Publik di Indonesia
Akuntansi Sekt..
Pendidikan Orang Dewasa : Dari Teori Hingga Aplikasi
Pendidikan Ora..
30 Ide Rumah  Simpel Minimalis
30 Ide Rumah ..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Berita

Lokakarya Penguatan Dokumentasi Online dan Perencanaan Replikasi Perpustakaan Desa Program PerpuSeru Tahun 2017

Kategori Berita    - Update: 09 Desember 2016     Oleh: Nikolae Wibawa     Dilihat:37 x   Komentar: [0]

Image
Lokakarya Penguatan Dokumentasi Online dan Perencanaan Replikasi Perpustakaan Desa Program PerpuSeru Tahun 2017


Program PerpuSeru Coca Cola Foundation Indonesia yang didukung oleh Bill and Mellinda Gates Foundation, pada tanggal 5-8 Desember 2016 menyelenggarakan Lokakarya Penguatan Dokumentasi Online dan Perencanaan Replikasi ke Perpustakaan Desa/Kelurahan/TBM Tahun 2017 bagi perpustakaan mitra CCFI khususnya untuk Region Replikasi di The Alana Hotel , Jalan Adi Sucipto, Colomadu Karanganyar, Blulukan, Colomadu, Surakarta, Jawa Tengah.
Even ini dihadiri sejumlah kurang lebih 80 peserta mitra PerpuSeru CCFI, terdiri dari 19 Kepala Perpustakaan, Subag Perencanaan dan PIC di 19 Kabupaten/Kota Region Replikasi, serta Fasilitator PerpuSeru CCFI. Ke 19 perpustakaan daerah kabupaten/kota region replikasi terdiri dari Payakumbuh, Muara Enim, Lubuk Linggau, Bengkulu Utara, Sukabumi, Cilacap, Batang, Wonosobo, Jepara, Kebumen, Gunungkidul, Sragen, Lumajang, Pamekasan, Tabalong, Kotawaringin Barat, Lombok Timur, Enrekang dan Bandung Barat.
Sebagaimana disampaikan oleh Tim PerpuSeru, tujuan pelaksanaan Lokakarya adalah untuk penguatan dokumentasi online dan pembelajaran analisa data dokumentasi online, serta menyusun rencana kerja replikasi ke perpustakaan desa TA 2017 di 19 kabupaten/kota region replikasi.


Lokakarya pada hari pertama Senin, 5 Desember 2016 diawali dengan Penjelasan Tujuan dan Agenda Lokakarya, yang disampaikan oleh Tim PerpuSeru, dilanjutkan dengan Update Progress atau Capaian Program PerpuSeru berdasarkan dokumentasi online, Analisa Capaian Program di 19 Perpusda Kabupaten/Kota, serta Presentasi Capaian Program, dimana ke 19 perpusda dibagi dalam 3 kelas, yang masing-masing kelas presentasinya diwakili oleh 3 perpusda.
Lokakarya pada hari kedua, Selasa 6 Desember 2016 adalah Penjelasan Agenda Program PerpuSeru untuk Tahun 2017, Pembagian Peran Perpusda dan PerpuSeru CCFI, serta Penyusunan Rencana Replikasi ke Perpusdes Tahun 2017.Sedangkan agenda pada hari terakhir, Rabu 7 Desember 2016 adalah Penyampaian materi terkait Visioner Leadership dan Personal Development dengan narasumber Agus Kristiyanto, yang merupakan konsultan pengembangan SDM. Dilanjutkan dengan penjelasan terkait Informasi Program Support Komputer dari PerpuSeru CCFI untuk Pengembangan Perpusdes Replikasi Tahun 2017, yang disampaikan oleh Direktur Program PerpuSeru, Erlyn Sulistyaningsih.
Untuk wilayah Gunungkidul, sebagaimana telah disusun dalam Rencana Kerja Anggaran 2017 KPAD Gunungkidul TA 2017, ada sejumlah 10 perpusdes yang akan menjadi sasaran program PerpuSeru 2017. Terkait hal ini. KPAD telah melakukan pemetaan terhadap Perpustakaan Desa potensial yang akan menjadi sasaran Program PerpuSeru 2017 di Gunungkidul. Melalui kegiatan pendampingan, monitoring dan evaluasi yang telah rutin dilaksanakan setiap tahun, KPAD telah menyusun rencana untuk 10 perpusdes replikasi yang akan diikutkan dalam Program PerpuSeru Tahun 2017 berdasarkan keaktifan pengelola perpusdes dalam berkegiatan, dukungan sarana prasarana dan jaringan internet di perpustakaan desa calon sasaran, dukungan dan komitmen dari Pemerintah Desa untuk keberlanjutan program pengembangan perpusdes melalui kerjasama dan pengalokasian anggaran dari APBDes, serta kemauan dan kemampuan untuk berjejaring dengan lembaga lain guna keberlanjutan program pengembangan perpusdes.

Adapuncuplikan agenda PerpuSeruterkait Program ReplikasiPerpusdesTahun 2017 di Gunungkiduladalahsebagaiberikut :
Minggu III Desember 2016 Mingguke II Januari 2017 Surveikelokasicalonperpusdesreplikasi, diskusidenganKepalaDesa, PerangkatDesadanPegelolaPerpusdes, sertapenentuanlokasi final 10 perpusdes

Mingguke III Januari2017 Sosialisasi Program ReplikasiPerpusdesbagi 10 perpusdesbesertaKepalaDesa, dan 14 perpusdesreplikasi 2014-2016, sertapenandatanganan nota kesepakatanbersamauntukPengembangan/TransformasiPerpustakaanDesa Program PerpuSeru di Gunungkidul.

Mingguke IV Januari 2017 PelatihanFasilitatorPerpusda

Februari 2017 DistribusiKomputeruntuk 10 PerpusdesReplikasi

Februari-awalMaret 2017 PelatihanStrategiPengembanganPerpustakaan danPelatihan TI untuk 10 PerpusdesReplikasi

Maret 2017 Regional Meeting untukPerpusda Region 1,2,3 dan Region Replikasi (19 perpusda yang bermitrasejak 2012, termasukPerpusdaGunungkidul)


Kegiatan lokakarya Penguatan Dokumentasi Online dan Perencanaan Replikasi ke Perpustakaan Desa/Kelurahan/TBM Tahun 2017 bagi perpustakaan mitra CCFI khususnya untuk Region Replikasi berakhir dan ditutup dengan Casual Dinner pada Rabu malam, 7 Desember 2016 pukul 18.30 - 21.00 WIB di Area Swimming Pool The Alana Hotel, Surakarta.(tiek) _________________________



Komentar

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: