Random buku baru

Chiro Vol.4
Chiro Vol.4..
Mengatasi Trauma Pasca Persalinan
Mengatasi Trau..
Disintegrasi Mataram Di Bawah Mangkurat I
Disintegrasi M..
Serendipity  :Penemuan -penemuan di Bidang Sains Yang Tidak Disengaja
Serendipity :..
Dragon Ball 7
Dragon Ball 7..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Berita

ToT Aplikasi SLiMS IPI Kab Gunungkidul

Kategori Berita    - Update: 20 Desember 2016     Oleh: Nikolae Wibawa     Dilihat:65 x   Komentar: [0]

ImageToT Aplikasi SLiMS IPI Kab Gunungkidul

Perkembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi bagi pengelola perpustakaan dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi otomasi perpustakaan, sehingga proses pengelolaan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Fungsi otomasi perpustakaan menitikberatkan pada bagaimana mengontrol sistem administrasi layanan secara otomatis terkomputerisasi. Sedangkan bagi pengguna dapat membantu mencari sumber informasi yang diinginkan dengan menggunakan katalog on-line yang dapat diakses melalui internet, sehingga pencarian informasi dapat dilakukan kapan dan dimanapun ia berada.
Kemudahan pengguna dalam menemukan informasi baik dalam sistem otomasi maupun perpustakaan digital bukanlah hal yang mudah dalam proses penerapannya. Dibutuhkan sarana untuk dapat menemukan informasi tersebut secara efektif dan efisien yang disebut dengan istilah metadata. Metadata ini bukanlah konsep yang baru muncul setelah kita mengenal sistem komputerisasi namun sudah ada sebelumnya walaupun dengan istilah yang berbeda.
Idealnya, setiap perpustakaan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan koleksi perpustakaan. Salah satu contoh konkritnya yaitu perpustakaan menggunakan Aplikasi yang disebut dengan SLiMS (Senayan Library Management System). Aplikasi OSS (Open Source System) ini telah digunakan hampir di seluruh perpustakaan di Indonesia. Sedikitnya ada sekitar 218 perpustakaan dan lembaga lain yang mengaku memakai SLiMS sebagai OSS mereka.
Untuk mendukung dan mewujudkan perpustakaan berbasis eknologi Informasi dan Komunikasi, maka organisasi IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kabupaten Gunungkidul melalui Komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK-IPI) Kab. Gunungkidul mengadakan pelatihan Training of Trainer (ToT) software perpustakaan SLiMS bagi Pengurus TIK-IPI dan Pengurus Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kab. Gunungkidul yang nantinya setelah mengikuti ToT ini mereka diharapkan dapat membagikan ilmunya kepada para pengelola berbagai jenis perpustakaan di Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang telah ditetapkan oleh IPI Kabupaten Gunungkidul melalui Komunitas TIK-IPI.
Kegiatan ToT SLiMS telah terselenggara pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 16 dan 17 Desember 2016 bertempat di 2 lokasi yaitu hari pertama menempati Aula KPAD GK, kemudian di hari kedua bertempat di Ruang Rapat VIP SMK N 2 Wonosari. Kegiatan ini diikuti oleh 29 orang peserta dengan narasumber hari pertama Bapak Santoso, pengelola IT perpustakaan SMAN 1 Wonosari dan Bapak Budhi Santoso, SIP beserta Bapak Purwoko, MA. dari Komunitas SLiMS Jogja di hari kedua.



Komentar

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: